Beben.id – Apakah kamu berencana untuk buka rekening baru tapi masih bingung harus pilih bank apa? Maka, Bank Mandiri bisa jadi salah satu yang kamu pertimbangkan nih. Tapi sebelumnya, cek dulu ya daftar kelebihan dan kekurangan Bank Mandiri agar nantinya kamu tidak salah ambil keputusan.
Bank konvensional ini menjadi salah satu yang paling besar dan banyak direkomendasikan lho di Indonesia. Total aset yang dimiliki tidak main-main yang menjadi salah satu bukti bahwa bank ini memang berkembang dengan baik. Jenis produknya lengkap dan pilihannya juga banyak. Cek infonya di bawah ini.
Profil Perusahaan
Selain mengetahui kelebihan dan kekurangan Bank Mandiri, kamu juga bisa tambah wawasan dengan membaca profil perusahan dari bank ini.
Jadi, Bank Mandiri secara resmi beroperasi pada 2 Oktober 1998, yang kala itu menjadi bagian dari program restrukturisasi di bidang perbankan yang diselenggarakan oleh pemerintah.
Kemudian pada sekitar bulan Juli 1999, total ada 4 bank pemerintah lain yang dilebur menjadi Bank Mandiri. Daftar bank tersebut adalah berikut ini:
- Bank Dagang Negara
- Bank Ekspor Impor Indonesia
- Bank Bumi Daya
- Bank Pembangunan Indonesia
Saat ini, Bank Mandiri punya kantor pusat di Jakarta, tepatnya di Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 36-38. Jika kamu kira bank Mandiri hanya ada di Indonesia, maka kamu salah nih. Sebab, Bank Mandiri juga punya bacang di luar negeri lho, seperti di sejumlah negara berikut ini:
- Tiongkok
- Kepulauan Cayman
- Hong Kong
- Timor Leste
- Singapura
- Britania Raya
Kelebihan dan Kekurangan Bank Mandiri
Jangan langsung buru-buru rekening sebelum kamu cek satu per satu daftar kelebihan dan kekurangan Bank Mandiri di bawah ini, terutama kalau kamu ingin menggunakan rekening untuk transaksi bisnis, investasi, atau menabung untuk masa depan. Ini dia daftarnya:
1. Berbagai Keunggulan Bank Mandiri
a. Jaringan Luas
Apa sih maksud dari jaringan luas? Jadi, Bank Mandiri punya banyak kantor cabang dan mesin ATM di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini tentu sangat menguntungkan nasabah dong, karena transaksi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja lewat mesin ATM.
Lalu jika kamu ada kendala/masalah terkait rekening Bank Mandiri misal, maka bisa langsung datang nih ke kantor cabang yang sudah tersebar tadi. Jadi meskipun kamu sedang di luar kota atau luar pulau sekalipun, kamu tetap bisa mengatasi masalah ini.
Jumlah kantor cabangnya sendiri sudah mencapai 1.296 unit lho dan untuk mesin ATM yang beroperasi sekitar 17.325 unit. Banyak banget, kan?
b. Layanan Via Telepon
Kelebihan Bank Mandiri yang membuatnya banyak disukai nasabah adalah tersedianya layanan pelanggan via telepon.
Jadi kalau kamu mengalami masalah seperti kartu ATM hilang atau tertelan tapi sedang tidak bisa datang ke kantor cabang, maka kamu bisa telepon CS Bank Mandiri di nomor 14000 untuk memblokir kartu ATM kamu agar tidak disalahgunakan. Sayangnya, layanan ini tidak bebas pulsa ya.
c. Aktif di Media Sosial
Sedang tidak ada pulsa untuk menelpon layanan pelanggan? Tenang, karena kamu bisa pakai cara yang gratisan! Asalkan HP kamu masih punya paket internet atau konek ke WiFi ya.
Kamu bisa chat via Whatsapp di nomor 0811 84 14000, Lewat Twitter di @MandiriCare, atau di akun Instagram @bankmandiri, yang semuanya bebas pulsa! Tapi dibanding CS telepon, respon via Whatsapp biasanya akan lebih lambat nih, jadi kurang cocok jika kamu sedang di keadaan yang urgent.
Berbagai kontak di atas bisa kamu gunakan untuk mendapat informasi terkait produk atau layanan Bank Mandiri, memberi kritik dan saran, atau mungkin ada keluhan terkait karyawannya. Karena aktif di media sosial, nasabah jadi mudah deh untuk menghubungi Bank Mandiri tanpa harus datang ke kantor cabang.
d. Terjamin LPS (Lembaga Penjamin Simpanan)
Jika ditanya tentang apa sih kelebihan bank mandiri dibanding bank lain? Salah satu jawabannya adalah adanya jaminan LPS. Jadi, Bank Mandiri menerapkan sistem keamanan berlapis berupa fisik dan non fisik untuk menjaga keamanan uang dan transaksi para nasabah.
Jika hal tidak diinginkan terjadi, maka nantinya uang nasabah tetap aman karena adanya LPS tadi. Ditambah, Bank Mandiri juga sudah bekerjasama dengan OJK.
e. Ada Hadiah
Tak hanya bisa menabung dan bertransaksi dengan aman, tapi nasabah Bank Mandiri juga berkesempatan mendapat hadiah lho, yang akan diberikan lewat pengundian. Jika tertarik untuk ikut serta, maka ada syarat dan ketentuannya, seperti rajin mengumpulkan poin dan daftar formulir ikut undian.
Semakin sering kamu bertransaksi, maka semakin banyak juga lho poin kamu. Ini dia beberapa jenis transaksi yang akan membuat kamu mengantongi poin:
- Transaksi bayar (listrik, beli pulsa, air PDAM, dll.) bisa dapat 1 poin.
- Transfer antar bank dapat 1 poin.
- Transaksi pertama di di Livin’ by Mandiri dapat 5 poin.
- Top up (non e-money) dapat 1 poin.
- Menggunakan QRIS Livin’ dapat 1 poin.
- Uang masuk minimal Rp500.000 dan kelipatannya bisa dapat 1-10 poin.
Adapun jenis hadiah yang ditawarkan sangat menggiurkan nih, seperti uang tunai dengan total milyaran rupiah, Vespa Sprint, sepeda motor Nmax, hingga mobil BMW X1.
f. Produk & Layanan Perbankan Super Lengkap
Kelebihan Bank Mandiri dari bank lain adalah produk perbankan yang beragam dan jenis layanan yang lengkap. Bukan hanya bisa dinikmati oleh perorangan tapi juga para pemilik bisnis. Ragam produk dan layanan tersebut bisa kamu lihat pada daftar berikut:
- Simpanan (tabungan)
- Kredit Dengan Agunan Deposito
- Kredit Modal Kerja Jangka Pendek (KJP)
- Giro Vostro
- Bank Pembayaran
- Agen Penjaminan
- Mandiri UPAS Financing
- Kustodi Umum
- Mandiri Trust Service
- Collection Letter
- Kontra Garansi
- Jasa Kustodi untuk Administrasi Discretionary Fund
- Jasa Kustodi untuk Administrasi Reksa Dana
- Payment Agent
- SBI & Government Bond Sub Registry
- Asuransi
- Mandiri Confirm LC/SKBDN
- Pinjam Meminjam Efek
- Investasi
- Wali Amanat
- Sub Kustodi Euroclear
- Receiving Bank
- BG a/d Kontra Garansi
- Mandiri Risk Participation
- Kartu kredit
- Agen Pengelola Rekening
- Mandiri Bilateral Trade Financing
- Cash Letter
- Manajemen keuangan
- Mandiri USD Direct Settlement
- Mandiri Export Credit Agency (ECA)
- Mandiri Forfaiting
- Fasilitas Overnight
- Layanan Digital
2. Daftar Kekurangan Bank Mandiri
a. Tidak Gratis
Dibalik sederet kelebihan dan beragam produk yang bisa kamu nikmati, ada biaya admin nih yang perlu kamu keluarkan. Salah satu contohnya saja adalah biaya admin per bulan untuk rekening yang akan dipotong otomatis dari saldo. Ada juga biaya transfer beda bank dan transaksi untuk debit.
b. Saldo Tertahan yang Besar
Ini dia salah satu kekurangan dari Bank Mandiri yang dianggap memberatkan bagi sebagian nasabah. Pada tahun 2022 lalu, jumlah saldo tertahan di rekening Mandiri adalah Rp50.000, tapi di tahun 2023 dikabarkan jumlahnya naik menjadi Rp100.000.
c. Kendala Layanan Digital
Sejumlah sumber online menyebutkan bahwa sebagian pelanggan Bank Mandiri mengalami beberapa kendala saat menggunakan layanan digital, seperti gagal login, aplikasi force close, dan aplikasi crash. Tapi jangan khawatir, masalah ini tidak terjadi setiap hari kok.
Mungkin tampak sepele bagi sebagian orang, tapi sebenarnya mengetahui kelebihan dan kekurangan Bank Mandiri seperti di atas sangat penting, lho. Jadi misalnya saat pakai aplikasi terjadi error, maka kamu tidak terlalu kaget karena sudah tahu hal ini sebelumnya.
Baca Juga: